Teknologi Terkenal di Afrika Yang Harus Kamu Tau

Teknologi Terkenal di Afrika Yang Harus Kamu Tau

Teknologi Terkenal di Afrika Yang Harus Kamu Tau – Afrika merupakan benua yang kaya akan sumber daya alam dan keanekaragaman budaya yang luar biasa. Meskipun sering kali dianggap sebagai benua yang tertinggal dalam hal teknologi, Afrika sebenarnya memiliki sejumlah inovasi dan teknologi yang patut diakui. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi beberapa teknologi terkenal yang berasal dari Afrika jtbthailand.com

Beberapa Teknologi Terkenal di Afrika

1. M-Pesa

Salah satu inovasi terbesar yang berasal dari Afrika adalah M-Pesa. Diluncurkan pertama kali di Kenya pada tahun 2007 oleh operator telekomunikasi lokal, Safaricom, M-Pesa menyediakan layanan pembayaran digital dan transfer uang melalui ponsel. Ini telah memungkinkan jutaan orang di Afrika untuk mengakses layanan keuangan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses ke bank tradisional.

2. Ushahidi

Ushahidi adalah platform sumber terbuka yang memungkinkan pengguna untuk memetakan dan memantau peristiwa-peristiwa penting. Awalnya dikembangkan sebagai respons terhadap kekerasan politik di Kenya pada tahun 2008, Ushahidi telah digunakan di seluruh dunia untuk memantau pemilihan umum, bencana alam, dan hak asasi manusia.

3. M-KOPA

M-KOPA adalah perusahaan energi berbasis surya yang beroperasi di Afrika Timur. Mereka menyediakan sistem energi surya berbasis pembayaran terkumpul, yang memungkinkan rumah tangga di daerah pedesaan untuk mengakses listrik yang terjangkau dan ramah lingkungan.

4. BRCK

BRCK adalah router internet yang kokoh dan tahan air yang dirancang khusus untuk kondisi infrastruktur yang sulit di Afrika. Dengan kemampuan untuk terhubung ke berbagai jaringan, termasuk Wi-Fi, Ethernet, dan seluler, BRCK membantu mengatasi tantangan konektivitas di daerah-daerah terpencil.

5. Flutterwave

Flutterwave adalah perusahaan fintech yang berkantor pusat di Nigeria. Mereka menyediakan platform pembayaran online yang memungkinkan bisnis di seluruh Afrika untuk menerima pembayaran secara global melalui berbagai metode pembayaran.

6. Andela

Andela adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pelatihan dan perekrutan pengembang perangkat lunak di Afrika. Mereka menyediakan pelatihan intensif. Bagi para pengembang yang berbakat dan kemudian menyediakan mereka untuk bekerja dengan perusahaan teknologi global.

7. Terra

Terra adalah proyek satelit bumi rendah (LEO) yang dibuat oleh perusahaan asal Nigeria, yang bertujuan untuk meningkatkan akses internet di Afrika. Dengan menyediakan konektivitas internet yang lebih luas dan terjangkau, Terra berpotensi untuk meningkatkan akses ke pendidikan dan layanan kesehatan di seluruh benua.

8. Akola

Akola adalah perusahaan yang berbasis di Uganda yang menggunakan teknologi blockchain untuk memfasilitasi perdagangan dan pembiayaan bagi petani di Afrika. Mereka menyediakan platform yang transparan dan aman untuk melakukan transaksi finansial di pasar pertanian.

9. Mama-Ope

Mama-Ope adalah perangkat medis inovatif yang dikembangkan di Uganda untuk mendeteksi pneumonia pada anak-anak dengan lebih cepat dan akurat. Perangkat ini menggunakan sensor untuk mendeteksi gejala pneumonia dan memberikan diagnosis yang cepat, yang dapat menyelamatkan nyawa.

10. Farmcrowdy

Farmcrowdy adalah platform agroteknologi yang berbasis di Nigeria, yang memungkinkan orang untuk berinvestasi dalam pertanian secara online. Mereka menyediakan kesempatan bagi para petani untuk mendapatkan pembiayaan dan dukungan teknis.